Rahma Sarita: assalamualaikum wr wb

HAL: Kunci Hijau



Tadi pagi di warnet waktu aku buka Yahoo ada foto Alicia Keys sedang hamil, dengan berita bahwa dia tetap melakukan kegiatan termasuk menyanyi di panggung meskipun sedang hamil. Nama belakang Alicia Keys,  dimana kata “key” berarti “kunci”, langsung mengingatkan aku pada lukisan “Bill Gates Tanggal 29” dimana aku gambarkan kamu sedang memegang kunci mobil berwarna hijau.

Makna kunci mobil berwarna hijau adalah selain karena agar sama dengan warna jas Bill Gates, juga karena warna hijau biasa diidentikkan dengan warna surga. Jadi pesan dari lukisan ini adalah bahwa perempuan memegang peran penting terhadap apakah seseorang akan masuk surga atau tidak. Sebab dalam banyak kasus, orang laki melakukan sesuatu pelanggaran disebabkan karena perempuan, misalkan seseorang korupsi karena sang istri terus merongrong agar si suami cepat kaya dengan cara yang tidak halal.

Mengingat sudah muncul beberapa bencana besar yang seperti terkait dengan kita, maka aku khawatir dalam hal kamu, bukan cuma memegang kunci untuk seseorang tapi juga untuk umat manusia berkaitan dengan apakah kiamat akan segera dimunculkan atau tidak. Maka yang dapat aku lakukan cuma dengan “mengunci” lewat pesan pada lukisan seperti ini maupun mengingatkan lewat surat-suratku, sebab aku bukan siapa-siapa untuk kamu.

Dan pada lukisan yang ada Paris Hilton, tampak pula bahwa Paris sedang menunjukkan tangan ke kamu sehingga seperti pesan agar hati-hati bagi siapa yang seperti kamu yang pegang kunci itu.

Pesan soal “kunci hijau” ini menjadi lebih penting karena sebelum aku bikin lukisan “Bill Gates Tanggal 29” dimana kamu memegang kunci hijau itu, aku juga sudah menyelesaikan lukisan “Nobel Peace 2009” yang memuat pilar-pilar di Wisma Nusantara. Sehingga seperti pesan dari langit soal “perempuan adalah tiang negara”. Mengingat sudah muncul beberapa bencana besar tingkat dunia yang seperti terkait dengan kita, maka bukan mustahil posisi kamu bukan cuma “perempuan tiang negara” melainkan “perempuan tiang dunia”.

Tapi semua itu tentu terserah pada kamu juga. Kalau kamu merasa nggak ada yang penting dari semua ini, dan kemudian aku malah harus dengar kabar kamu hamil di luar nikah dengan seseorang, maka tentu aku nggak bisa apa-apa, siapalah aku ini. Yang penting aku sudah melakukan apa yang menjadi bagianku dengan sebaik mungkin, mengingatkan melalui lukisan dan suratku sebagai tanggung jawabku kepada umat manusia.


Jakarta, 26 Juni 2010.
wassalam,


a.m. firmansyah
sms 0812 183 1538


One Response to “X238. Kunci Hijau”


  1. […] X238. Kunci Hijau […]


Leave a comment