Rahma Sarita : assalamu’alaikum wr. wb.

HAL: Lukisan Man Chest Rahma United

Kunjungan Manchester United ke Jakarta bulan Juli 2009 ini termasuk langka, sebab jarang terjadi, sebelum ini kunjungan serupa terjadi sekitar lebih dari sepuluh tahun lalu. Dan kunjungan tahun 2009 ini seperti terkait dengan kita, sebab terjadi setelah aku tulis surat ke Bill Gates berjudul Cancelling G-77 Gathering, Man Chest Rahma United yang aku muat di Internet.

Maka kunjungan Manchester United ke Jakarta bulan Juli 2009 ini menimbulkan ide untuk membuat lukisan berjudul “Man Chest Rahma United” yang menggambarkan Rahma berkaos hitam dengan lambang MU, 3 dan tv-One, serta kepalaku di depan kamu, sehingga sesuai dengan “Man Chest Rahma United”. Agar unik, karena lukisan akan lebih baik jika tidak terlalu biasa, maka kepalaku itu dibikin tidak terlalu jelas apakah berupa cetakan foto di kaos kamu, ataukah merupakan kepalaku betulan yang lagi ada di depan kamu sembari kamu tutupi badanku dengan kain yang kamu pakai dan kertas putih serta map biru muda, terserah kepada yang melihat lukisan itu untuk menginterpretasikan. Lukisan ini mulai dikerjakan pada 22 Juni 2009.

Untuk latar belakang, semula ada dua pilihan yaitu berupa stadion utama atau lobby hotel Nikko sesuai foto kamu pada acara Apa Kabar Indonesia Malam yang digunakan untuk lukisan ini. Namun ketika masih berupa latar putih saja, yang kontras dengan kaos hitam kamu itu, kemudian muncul berita soal Michael Jackson meninggal pada 25 Juni 2009. Maka aku biarkan latar belakang putih itu, dan ditambah kotak hitam di bagian atas berisi Michael Jackson sedang bernyanyi dengan berbaju putih seperti waktu dia membawakan lagu “Black Or White”. Silakan hubungi aku di nomer 0812 183 1538 kalau ada komentar soal lukisan ini.

“Man Chest Rahma United”

81 x 145 cm

acrylic on canvas

2009

Kalau TV-One mau menyelipkan lukisan ini dalam suatu acara bersama Manchester United, untuk kemudian lukisan ini ditandatangani oleh manager dan/atau para pemain, dan setelah itu lukisan ini dilelang untuk amal, mungkin bagus juga.

Jakarta, 2 Juli 2009.

Wassalam,


a.m. firmansyah

tel. 0812 183 1538

Leave a comment